Langsung ke konten utama

kopi istimewa

Indonesia Specialty Grade


Sebelum 2010, perkembangan dan produksi kopi spesial di Benteng Alla Utara, Enrekang, Sulawesi Selatan, sangatlah rendah, dan dari segi mutu kualitas sangat beragam. Melalui sentralisasi produksi yang didampingi oleh MTC untuk kebutuhan Campos Coffee, kafe sekaligus roaster di Australia, pada 2010, kini Koperasi Tani Benteng Alla mampu menghasilkan kopi dengan kualitas spesial, meski secara kuantitas sangat terbatas. Pada 2010, koperasi menghasilkan kopi spesial kurang dari 1 ton. Sementara itu, pada 2011, koperasi menghasilkan 2.5 ton kopi spesial dari total panen sebesar 10 ton di tingkat petani. Pada 2012 ini, berdasarkan hasil pengamatan kami langsung, kuantitas kopi spesial di sana akan mengalami peningkatan.

Pengembangan kualitas kopi ke arah spesial merupakan hal kompleks. Ia membutuhkan tenaga dan waktu kerja tambahan, selain ketelatenan. Dan, hal mendasar soal kopi spesial ini, apakah pembeli bersedia memberikan harga yang lebih tinggi daripada sebelumnya. Ketika petani di Benteng Alla memusatkan perhatian pada kopi spesial, akan ada biaya yang menambah sehingga membuat harga jual menjadi melambung. Agaknya inilah mengapa kopi spesial dari Indonesia selalu diserap secara besar-besaran oleh pembeli luar mengingat para roaster kafe lokal di Indonesia belum memungkinkan melakukan pembelian kopi spesial dalam jumlah berton-ton dan memberikan premi tambahan kepada petani. Tentu saja, keinginan dari petani itu sendiri sangat berperan dalam peningkatan mutu kualitas ini. Ir. Patola, Kepada Desa Buntu Dama, Benteng Alla Utara, Enrekang, sekaligus Ketua Koperasi Tani Benteng Alla Utara dan juga seorang petani kopi, dengan telaten melakukan penyuluhan mengenai kopi spesial. Pada 2010, Patola, melalui koperasi yang diketuainya, mulai melakukan pembelian kepada petani berdasarkan pemesanan, dalam hal ini kopi spesial. Lantaran masih bersifat uji coba, KTBAU melakukan pembelian dalam bentuk karora (bahasa lokal di sana untuk menyebut kopi berkulit tanduk). Dari 30-an lebih kelompok anggota KTBAU, hanya sebagian kelompok yang bersedia melakukan proses kopi spesial.
Direktur Regional Veco Indonesia Dominique Vanderhaeghen bersama timnya melakukan kunjungan langsung ke Koperasi Benteng Alla, Jum’at (8/9). Kunjungan tersebut sekaligus memantau perkembangan kopi di setiap kelompok tani binaan organisasi non pemerintah itu.
Lelaki asal Belgia itu melakukan survei beberapa tahap proses pengolahan Kopi Arabika Kalosi, origin Benteng Alla. Di antaranya mulai pasca panen, pengelolaan, penjemuran hingga pengemasan yang siap diekspor. Ia cukup mengapresiasi komitmen kelompok tani di Benteng Alla untuk terus menjaga kualitas single originnya.
Koperasi Benteng Alla, Patola pun sangat antusias dengan kunjungan salah satu mitra kerjanya itu. Menurutnya, perkembangan kopi arabika dari Enrekang memang harus tetap dijaga. Berbagai produk siap ekspor juga menjadi andalan para kelompok tani yang tergabung dalam Koperasi Benteng Alla.
"Semoga kerja sama ini bisa semakin meningkatkan kualitas kopi arabika di Enrekang. Kalau perlu bisa sampai di mancanegara," tambah staf Administrasi Koperasi Benteng Alla, Jumadi. Terlebih, tambah Jumadi, arabika asal Benteng Alla pernah menyabet juara pertama dalam lelang kopi di Bali, 2016 silam. 


Kami menjaga biji-biji kopi untuk selalu fresh, kami hanya melakukan roasting jika ada pesanan. Kami menyediakan sachet 10gr, untuk jumlah pesanan lain bisa kontak kami. Silahkan menuliskan pada keterangan tentang level gilingan apabila anda menginginkan kopi dalam bentuk ground/bubuk. Jika tidak ada keterangan kami akan mengirimkan dalam bentuk biji.
KOPI ARABIKA BENTENG ALLA
Pada jaman dahulu para petani kopi di Benteng Alla banyak yang menjual kopi dalam jenis ''"asalan''' di pasar kalosi Enrekang. Baru pada tahun 2011 para petani membentuk koperasi yang dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kopi Benteng Alla sehingga harga kopi bisa naik dan petani kopi bisa mendapatkan hasil yang lebih baik. Tak sia-sia, setelah melakukan pembenahan disegala bidang, kopi arabika Benteng Alla berhasil keluar sebagai juara nasional kopi terbaik tahun 2016 pada kompetisi kopi specialty yang diadakan oleh SCAI.

Origin : Benteng Alla, Enrekang, Sulawesi Selatan
Spesies : Arabika
Variety : Multi variety
Ketinggian tanam : 1500 MDPL
Proses paska panen : Semi Wash
Cupping Note : Spicy, Medium Acidity, Cocoa, Sweet Aftertaste
Kopi Arabika Kalosi Benteng Alla hasil olahan mereka berhasil meraih juara dua dalam ajang lelang kopi bergengsi versi Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) 2017 di Jakarta.
Mereka hanya kalah dari olahan kopi Arabica Ciwidey, Black Honey Proses, dari Gunung Patuha, Bandung.
"Alhamdulillah kita kembali sabet juara dua di ajang itu, ini semakin membuktikan bahwa kopi asal Enrekang memiliki kualitas yang tinggi," kata Staf Administrasi Koperasi Benteng Alla, Jumadi kepada TribunEnrekang.com, Minggu (22/10/2017).
Ia berharap, hasil yang dicapai dapat mendongkrak harga kopi di Kabupaten Enrekang. Sehingga dapat menambah semangat para petani kopi di Enrekang agar tetap menjaga dan merawat tanaman kopinya.
Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Kopi Kalosi Enrekang Sabet Juara 2 di Kontes SCAI Jakarta, https://makassar.tribunnews.com/2017/10/22/kopi-kalosi-enrekang-sabet-juara-2-di-kontes-scai-jakarta.

KOPI BONE-BONE


Kopi arabika Bone-Bone asal Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan terpilih sebagai salah satu biji kopi terbaik nasional bersama 34 jenis kopi yang tumbuh di Indonesia.

Kopi Bone-Bone tumbuh di Pegunungan Latimojong, Kecamatan Baraka lolos seleksi dan berhak ikut dalam Indonesia Coffee Festival (ICF) 2014 Coffee Auction 17-19 Oktober di Inna Grand Bali, Sanur. Nama Bone-Bone sebelumnya, telah menyita perhatian dunia karena menjadi satu-satunya desa di Indonesia yang bebas dari asap rokok.

Di arena ICF, kopi Kalosi Bone-Bone akan bersaing dengan 34 jenis kopi lainnya untuk menjadi kopi terbaik nasional tahun ini. Sebelumnya, panitia ICF 2014 menyeleksi 65 sample biji kopi yang didaftarkan terdiri atas, 44 jenis kopi arabika, 7 robusta, 12 kopi luwak arabika, dan 2 luwak robusta.
Pt kuliner ika itahi muna ngahiji adalah perusahaan yang bergerak di bidang kuliner dimana di dalamnya melayani jasa perdagangan kopi


Buatkan peta
Lokasi pt ika itahi muna ngahiji
Cabang makassar
Specialty Grade Coffee adalah sebuah penilaian baru untuk kopi dengan cupping score diatas 80, dimana saat ini specialty grade score telah meningkat menjadi score diatas 85. Selain itu dilihat dari total defect (biji rusak, biji bolong, biji pecah) dalam satu kilo green bean dengan total defect maksimal 5%. Hal ini membuat specialty Coffee Indonesia memiliki harga yang lebih mahal, karena proses pengolahan dan sortir yang sangat ketat, aroma dan rasanya pun melangit

Gambar mesin sangrai
Kapasitas roasting 20 kg

Produk-produk keunggulan kami diantaranya:
- kopi arabika benteng alla utara
- kopi arabika Kalosi
- kopi arabika bonebone
- kopi arabika dan robusta asalan

Produk kami memiliki kualitas yang tak diragukan lagi. Anda tidak perlu khawatir terhadap kualitas kopi yang menurun.

Gambar benteng alla
Coffee roastry

Semua Kopi yang kami jual kami roasting sendiri di pabrik kami. Kami roasting menggunakan mesin roasting ada yang skala besar 20 kg dan ada yang 2-5 kg.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk specialty kami, hubungi kami sekarang di:

Cust.Service:
(Whatsapp/Call/Sms):
082192029202
082195901082
089695464320

Kantor:
Jalan Bontoloe Blok H2 Nomor 25 Daya Makassar

Khusus Komplain/Saran/Kritik:
082192029202

Email:

Hari Kerja : Senin sampai Sabtu

Jam Kerja : 08.00 - 16.00

Semua pertanyaan diluar jam kerja kami  akan dijawab hari berikutnya.

spesifikasi dan keunggulan kopi yang kami tawarkan
1.Kami menjual berapakopi single origin asal enrekang
2. kopi arabika yang kami jual adalah arabika specialty grade
3. kami menjual 100 % kopi original
4. Supplier kopi terpercaya
5. Sertifikasi lengkap untuk menjamin keaslian produk
6. Green bean di sortir secara ketat untuk mendapatkan kualitas terbaik
7. Stock Single origin per bulan mencapai satu ton
8. Melayani Pembelian partai besar dan kecil
9. Berbadan usaha di pbawa naungan PT. IKA ITAHI MUNA NGAHIJI
10. Harga Terjangkau
11. Pengiriman menggunakan TIKI JNE,JNT, dan kargo Indonesia
12. Melakukan penjualan keseluruh Indonesia
13. kami meroasting sendiri kopi di pabrik kami



Komentar

Postingan populer dari blog ini

di sruput

Kopi Enak Sulawesi selatan

TentangKopi 10 Mei 2015 - Benteng Alla Utara adalah suatu Desa di kecamatan Baroko, kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Indonesia. Enrekang adalah area purba ... Peningkatan Mutu Produksi Kopi di Benteng Alla Utara ... https://philocoffeeproject.wordpress.com › 2012/02/20 › peningkatan-mut... 20 Feb 2012 - Program kerja MTC tersebut mengarahkan petani kopi di Benteng Alla Utara yang tergabung dalam Koperasi Tani Benteng Alla Utara ... Ir. Patola & Koperasi Tani Benteng Alla Utara | - Philocoffee https://philocoffeeproject.wordpress.com › 2012/06/11 › ir-patola-koperasi... 11 Jun 2012 - Pengeksporan kopi Benteng Alla Utara ke Australia dan dijual dengan nama Enrekang untuk pertama kalinya memasuki babak baru bagi para ... Mokhabika Benteng Alla Utara Enrekang Single Origin Coffee ... https://www.bukalapak.com › Food › Minuman Skor: 4,9 - ‎8 ulasan Beli Mokhabika